Jumat, 27 Agustus 2010

Bookmarks pada web browser

Saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Karena itu, artikel ini saya dedikasikan bagi pengguna internet pemula yang ingin mengerti lebih jauh dalam memanfaatkan fasilitas yang ada pada sebuah web browser.

Bookmark dalam kontek World Wide Web (WWW), berarti Uniform Resource Identifier (URI) yang disimpan dalam komputer lokal. URI sendiri merupakan istilah pada komputer yang terdiri dari string dari karakter-karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi atau menamai sumber di internet Dari wikipedia. Cara gampangannya, alamat suatu sumber di jaringan internet (misalnya www) menggunakan protokol khusus yang disimpan di komputer lokal.

Semua browser sekarang selalu menyediakan fasilitas bookmarks yang di internet Explorer dinamai favorites atau Internet shortcuts. Umumnya bookmarks bisa diakses melalui sebuah menu di browser dan folder yang digunakan untuk mengatur (baca:memenej) seluruh data yang ada.

Bookmarks dimulai pada tahun 1993 yang digunakan oleh browser Mosaic (pendahulu Opera) yang dinamakan Hotlists. Yang kemudian dikembangkan lagi oleh browser lain seperti Mozilla Firefox yang meluncurkan live bookmarks pada tahun 2004 yang mengandung link pada sebuah artikel di sebuah site atau weblog melalui fitur RSS feeds. Dibuat dengan menggunakan program JavaScript.

Jika anda menggunakan browser Mozilla Firefox, berikut beberapa hal yang bisa anda ketahui:

1. Menambah Web favorit anda ke Bookmark :

Cukup tekan menu bookmarks kemudian klik Bookmark This Page atau tekan tombol Ctrl+D bersamaan.Maka akan muncul jendela pilihan seperti berikut:

Kemudian Namai bookmark anda dan pilih folder penyimpanan, jika anda ingin menampilkan di toolbar supaya mudah diklik pilih Bookmarks Toolbar. Maka di browser akan muncul seperti ini:

Anda juga bisa menyimpan di filder khusus disesuaikan dengan jenis web favorit anda.

2. Backup dan Restore

Jika anda ingin memformat komputer anda, tentunya browser anda akan terhapus. Lakukan backup bookmarks anda sehingga jika format ulang komputer telah selesai, anda dapat mengembalikan daftar bookmarks anda kembali.

Backup Bookmarks:

Klik menu Bookmarks, kemudian Klik Organize Bookmarks atau (Ctrl+shift+B). Akan muncul jendela Library, klik pada menu Import and Backup, kemudian klik Backup... Simpan file anda dalam format .JSON.

Restore Bookmarks:

Klik menu Bookmarks, kemudian Klik Organize Bookmarks atau (Ctrl+shift+B). Akan muncul jendela Library, klik pada menu Import and Backup, kemudian klik Restore. Kemudian klik Choose File dan arahkan pada tempat .JSON file yang telah anda simpan. Maka Bookmarks anda sudah kembali seperti semula.

Internet Explorer

Jika anda menggunakan browser Internet Explorer, berikut beberapa hal yang bisa anda ketahui:

1. Menambah Web favorit anda ke Favorites :

Cukup tekan menu Favorites (bintang_plus) kemudian klik Add to Favorites atau tekan tombol Ctrl+D

bersamaan.Maka akan muncul jendela pilihan seperti berikut:

Kemudian Namai Favorit anda dan pilih folder penyimpanan.Setelah disimpan maka di browser akan muncul seperti ini:


2. Backup dan Restore

Untuk melakukan Backup dan Restore Favorites di Internet Explorer:

Klik menu File, kemudian Klik Import and Export... Akan muncul jendela Import/Export wizard, klik next dan pilih yang ingin anda lakukan jika membackup, pilih export dan jika merestore, pilih import. Kemudian ikuti langkah-langkah sesuai wizard yang ada.


sumber : http://www.agussuwasono.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar